Home / Redaksi / Pelatihan Shuttlecock di Dinkop Kota Blitar

Pelatihan Shuttlecock di Dinkop Kota Blitar

Pada tanggal 29-31 maret 2016, kami bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Blitar menyelenggarakan pelatihan shuttlecock. Pelatihan singkat yang bertema ‘Meraih Sukses Melalui Usaha Kerajinan Shuttlecock’ berlangsung di Aula Dinkop Kota Blitar, Jl Imam Bonjol 85 Blitar diikuti oleh 45 orang peserta dari berbagai usia. Kegiatan tersebut secara keseluruhan dibiayai dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2016.

Sebenarnya, 3 hari adalah waktu yang sangat singkat untuk sebuah pelatihan pembuatan shuttlecock. Hal ini mengingat bahwa proses produksi shuttlecock bisa dibilang sangat rumit. Setidaknya, dibutuhkan waktu minimal 1 minggu untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai dalam sebuah pelatihan. Selain itu, pelatihan shuttlecock juga membutuhkan berbagai peralatan yang cukup berat, seperti: mesin bor dan mesin plong bulu. Sementara mesin-mesin lainnya bisa digantikan dengan cara manual atau pakai tangan seperti: pengeleman, tancap, jahit dan juga tahap akhir atau pengetesan. Mengingat berbagai kendala tersebut, akhirnya, digunakan bahan setengah jadi, yakni, gabus yang sudah dibor dan bulu yang sudah diplong.

Memang, cukup berat membangun sebuah industri shuttlecock di luar daerah sentra shuttlecock. Kendala lainnya adalah bisnis shuttlecock terbilang bisnis padat modal. Dibutuhkan seorang pemodal setempat yang memiliki minat yang besar di bisnis ini. Tanpa itu, pelatihan yang dilakukan tidak akan menghasilkan apapun karena peserta pelatihan umumnya adalah para pemula yang belum memiliki pekerjaan dan modal untuk memulai sebuah usaha yang berbiaya mahal.

About Admin